Rabu, 26 September 2018

PENGANTAR KOMPUTER I

DEFINISI KOMPUTER
Komputer merupakan alat elektronik yang dapat menerima input data, dapat mengolah data, dapat memberikan informasi, dapat menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer (storage program), dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta dapat bekerja secara otomatis.


Sejarah Komputer
       Pre Komputer
       Generasi I (1949 – 1955) : vacuum tubes based à ENIAC, UNIVAC I;
       Generasi II (1956 – 1965) : transistor based, bahasa pemrograman fortran, COBOL, dan Algol;
       Generasi III (1966 – 1975) : Integrated Circuit based (SSI dan MSI Circuit;
       Generasi IV (1976 – 1995) : LSI dan VLSI Circuit, Memory semiconductor, HDD, networking, Unix OS, bahasa pemrograman pascal, C, C++, prolog
       Generasi V (1995 – sekarang) : ULSI Circuit, Multicore, AI

KLASIFIKASI KOMPUTER
-          Klasifikasi komputer menurut data yang diolah ada Komputer Analog, Komputer Digital dan Komputer Hybrid
-          Klasifikasi computer berdasarkan penggunanya ada Special Purpose Computer dan General Purpose Computer
-          Klasifikasi computer berdasarkan skala kemampuannya ada Small Scale Computer, Medium Scale Computer dan Large Scale Computer
-          Klasifikasi komputer menurut ukurannya ada Minicomputer, Microcomputer, Workstation, Mainframe, Supercomputer

MICROCONTROLLER
       Microcontroller adalah jenis komputer khusus yang dibenamkan dalam suatu perangkat elektronik;
       Contoh peralatan yang terdapat microcontroller didalamnya: microwave, Televisi, kamera digital, video recorder, mesin penjawab otomatis, printer laser, telepon, mesin cuci, dan saat ini banyak digunakan dalam pembuatan robot pintar.

DIGITASI DATA
Digitasi data merupakan pengubahan data karakter ke dalam bentuk rangkaian kode ‘1’ dan ‘0’. Pengubahan tersebut dimaksudkan agar karakter yang biasa dibaca oleh manusia dapat dibaca oleh mesin.
Cara transformasi karakter ke bahasa biner meliputi :
  1. ASCII (American Standard Code for Information Interchange)
  2. SBCDIC (Standard Binary Coded Decimal Interchanged Code)
  3. EBCDIC (Extended Binary Coded Decimal Interchanged Code)
  4. Unicode
CARA KERJA KOMPUTER
Sistem komputer adalah rangkaian terintegrasi dari hardware dan software yang didesain untuk memroses data dan menghasilkan informasi.
Agar komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk suatu sistem yang disebut dengan sistem komputer.
Tujuan dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, dan brainware.Perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah adalah program yang beisi instruksi-instruksi, dan brainware adalah manusia yang terlibat dalam operasi komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar